Senin, 08 Juli 2013

Free-Float Shares

Free float sebuah perusahaan mengacu pada jumlah saham beredar yang tersedia bagi publik untuk untuk ditransaksikan/diperdagangkan. Free float umumnya digambarkan sebagai seluruh saham yang dimiliki oleh investor, selain saham terbatas yang dimiliki oleh orang dalam perusahaan. Ini tidak termasuk saham terbatas, yang dimiliki oleh manajemen perusahaan, petugas dan berbagai orang dalam lainnya karena diasumsikan bahwa saham tersebut sedang diadakan secara jangka panjang.
Free float Sebuah perusahaan sangat penting untuk calon investor karena menawarkan wawasan ke dalam volatilitas saham perusahaan. Saham dengan free float kecil cenderung lebih stabil karena hanya ada sejumlah saham yang bisa dibeli atau dijual dalam berita acara perdagangan utama. Untuk alasan yang sama, perusahaan dengan free float  yang lebih besar umumnya kurang stabil. Investor institusi lebih memilih untuk berinvestasi di saham dengan free float yang besar, karena mereka dapat membeli atau menjual sejumlah besar saham tanpa berat berdampak pada harga saham.

Sebagai contoh: 
Jika Perusahaan XYZ memiliki jumlah 100 juta saham yang beredar, dan 30 juta saham dibatasi, maka free float akan menjadi sisa 70 juta saham tersedia untuk perdagangan (100,000,000-30.000.000 = 70 juta).
Free float shares:
Restrictrid shares – Outstanding shares
Keterangan:
Restricted shares = Jumlah saham yang tidak tersedia untuk ditransaksikan 
Outstanding shares = Jumlah saham yang beredar 

Sumber: Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar