Kamis, 25 Juli 2013

Jurnal Wallman 1995 "The future of accounting and disclosure in an evolving world: The need for dramatic change"

The future of accounting and disclosure in an evolving world: The need for dramatic change

Wallman, Steven M H. Accounting Horizons 9.3  (Sep 1995): 81. 
Turn on hit highlighting for speaking browsers
Hide highlighting
Show duplicate items from other databases


Masa depan akuntansi dan pengungkapan dalam dunia berkembang: Kebutuhan perubahan dramatis


Abstrak

Komentar dari sebuah ulasan perdebatan akuntansi opsi saham baru dan pernyatakan dukungan untuk prosedur yang dimanfaatkan oleh FASB dalam mencapai pendekatan berorientasi pengungkapan, dan untuk kesimpulan FASB mengenai hal ini. Komentar itu terutama membahas berbagai isu yang berkaitan dengan masa depan akuntansi dan pengungkapan. Sementara menyadari perangkap prediksi, pendapat untuk perkembangan kebutuhan kedua sistem analitis dalam memikirkan dan mengantisipasi perubahan dalam dunia bisnis dan mekanisme dan struktur untuk memastikan bahwa seseorang dapat merespons dengan tepat dari sudut pandang mempertahankan akuntansi keuangan yang berguna dan pengungkapan.

PENDAHULUAN
Selama 60 tahun terakhir, Securities and Exchange Commission (SEC) telah sangat bergantung pada profesi akuntansi. Profesi telah membantu SEC memenuhi tanggung jawab hukum untuk mengadopsi standar akuntansi untuk perusahaan publik dan menyebarluaskan standar audit yang memastikan pasar kami menerima informasi keuangan kualitas tertinggi. Selain itu, SEC bergantung pada akuntan atas kejadian bahwa perusahaan publik mencatat transaksi secara akurat dan adil serta merancang sebuah sistem kontrol internal yang menjaga akuntabilitas untuk aktiva dan izin penyusunan laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan secara wajar. 
Akuntan adalah penjaga gerbang pasar keuangan kita. Tanpa akuntan untuk menjamin kualitas dan integritas informasi keuangan, pasar modal akan jauh kurang efisien, biaya modal akan jauh lebih tinggi, dan standar hidup kita akan lebih rendah. Profesi akuntansi telah melakukan fungsi yang menjanjikan masyarakat sejumlah manfaat, termasuk risiko investasi yang lebih rendah dan alokasi sumber daya yang lebih baik. 


FASB DAN OPSI SAHAM KONTROVERSI
Masalah opsi saham akuntansi dan peran FASB dalam perdebatan opsi saham akuntansi baru-baru ini menjadi perhatian khusus sejumlah kalangan. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang berguna untuk para pengguna laporan keuangan tersebut. Mengingat konteks perdebatan opsi saham, pendekatan yang diadopsi oleh FASB untuk mengizinkan pengungkapan, sebagai lawan, membutuhkan pengakuan, dari nilai wajar dari opsi saham tetap merupakan solusi yang dapat diterima untuk memenuhi tujuan itu. 
Solusi FASB memperhitungkan kepentingan mereka yang menganjurkan biaya terhadap pendapatan dengan mewajibkan pengungkapan angka yang mewakili nilai wajar opsi. Solusi FASB mengakui argumen mereka yang percaya bahwa opsi saham adalah kompensasi dan bahwa nilainya harus ditampilkan sebagai pengganti diabaikan. Solusi ini juga memperhitungkan kepentingan orang-orang yang percaya bahwa tidak ada nomor tunggal yang cukup akurat untuk dimasukkan dalam laporan laba rugi. Selain itu, solusi FASB mengakui, setidaknya pada satu tingkat, argumen bahwa hibah ekuitas dapat dilihat secara berbeda dari kas atau penciptaan kewajiban sehingga harus tercermin berbeda dari kas atau kewajiban dalam laporan keuangan.

KEGUNAAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGUNGKAPAN PERUSAHAAN
Pelaporan keuangan perusahaan dan pengungkapan perusahaan yang ada dalam konteks yang dinamis, terus berubah sejalan dengan dunia bisnis. Perusahaan diuntungkan jika mereka lincah dalam beradaptasi dengan struktur perusahaan dan mengembangkan atau memanfaatkan instrumen keuangan yang inovatif dan canggih. Di tengah perkembangan dunia bisnis  berdiri profesi akuntansi yang perlu untuk menjamin pelaporan lanjutan dan integritas laporan keuangan.
Seperti disebutkan sebelumnya, nilai dan manfaat dari pelaporan keuangan terletak, dengan cara yang hampir eksklusif, dalam kegunaannya kepada pengguna. Analis mencoba mengetahui atau memprediksi laba atau arus kas memerlukan informasi yang berbeda dari manajer dalam meninjau alokasi dan pemanfaatan aset. Investor mencoba untuk menggunakan langkah-langkah yang relatif baru seperti nilai tambah ekonomis. Keragaman pengguna mempersulit tugas mengintip ke masa depan.
Hal ini sangat penting bagi kita yang terlibat dalam bisnis pengungkapan keuangan. Jika kita tidak mengembangkan sistem dan mekanisme seperti itu, kita menghadapi risiko sebagai profesional pengungkapan yang terpinggirkan, secara mekanis melakukan hal yang sama kita lakukan sebelumnya karena kita tidak mampu, atau tidak mampu melakukan apa pun dan menghasilkan produk yang semakin kurang berguna dan kurang berharga. Akibatnya, kita akan merugikan orang-orang yang mengandalkan kita sebagai peserta di pasar keuangan, manajemen, regulator, dan lain-lain yang harus membuat keputusan berdasarkan informasi keuangan. Berkenaan dengan pasar modal: jika kita tidak tinggal di perbatasan, akan ada arus informasi yang lebih buruk terhadap investor, yang menyebabkan ketidakpastian yang lebih besar dan volatilitas harga, biaya modal yang lebih tinggi. Sehingga kita harus mengembangkan kerangka analisis yang cukup dinamis dan dapat diandalkan untuk mengantisipasi dan merespon perubahan dalam konsep bisnis perusahaan, hubungan perusahaan itu, antara lain, investor, pelanggan, dan pemasok dan alat, terutama alat keuangan, bisnis yang memanfaatkan. 

ISU AKUNTANSI DAN PENGUNGKAPAN MASA DEPAN
Terdapat empat isu akuntansi dan pengungkapan yang luas yang mungkin sangat penting untuk masa depan pelaporan keuangan:
  1. Pengakuan dan pengukuran manfaat dan kewajiban bisnis, dengan kata lain, apa itu bahwa kita harus melaporkan dalam laporan keuangan suatu perusahaan;
  2. Ketepatan waktu pelaporan keuangan, dengan kata lain, ketika harus diakui item dilaporkan;
  3. Konsep perusahaan, dengan kata lain, yang kita ukur, dan
  4. Saluran distribusi dan menengah, dengan kata lain, di mana dan bagaimana kita mendistribusikan informasi ini.

Pengakuan dan Pengukuran
Sebagian besar aset yang "berwujud" dan dengan pengecualian tertentu diakui pada nilai wajar saat ini. Tentu saja, nilai tercatat beberapa aset seperti tanah atau sumber daya alam (misalnya, kayu, tambang, minyak dan gas) bisa secara signifikan tidak sinkron dengan nilai saat ini, tetapi gagasan penilaian triwulanan atau tahunan dipandang tidak praktis. Demikian pula, mengukur nilai aset menggunakan indeks perubahan spesifik aset kategori harga atau nilai pasar jika diketahui ide yang telah direview di masa lalu dan hal tersebut perlu digali lagi, dan masih dipandang tidak praktis. 
Keprihatinan yang kemudian timbul, adalah bahwa ada sejumlah besar pengukuran aset yang buruk melalui akuntansi biaya historis dan, yang lebih penting, bahwa kita memiliki seluruh kategori aset yang tidak diakui sama sekali. Dan masalahnya semakin parah. Secara khusus, itu adalah kelompok terakhir dari aset - mereka yang bahkan tidak diakui - yang merupakan pertumbuhan tercepat dan paling penting bagian dari sebagian besar perusahaan baru kami. Dalam beberapa tahun terakhir, misalnya, perusahaan jasa terdiri dari segmen dengan pertumbuhan tercepat dari perekonomian kita. Satu ide perlu ditelusuri untuk membuat laporan keuangan lebih relevan, sementara mengakui ketidakpastian yang berkaitan dengan pengukuran aset tidak berwujud, akan mengungkapkan pengukuran seperti di lokasi di luar laporan keuangan tradisional.

Ketepatan waktu Pelaporan Keuangan
Percepatan peristiwa yang mempengaruhi perusahaan secara signifikan telah mulai membuat sistem audit tahunan kami dan laporan triwulanan agak usang. Sekali lagi, jika seseorang memiliki beberapa tahun laporan keuangan tahunan yang telah diaudit, ada kemungkinan yang baik untuk dapat memprediksi, setidaknya dalam rentang yang wajar, kinerja selama tahun depan. Dan dengan laporan keuangan tahun depan, orang bisa memprediksi, sekali lagi dalam beberapa rentang yang wajar, kinerja keuangan tahun berikutnya.
Laporan tahunan dan kuartalan bahkan tidak menangkap dan mengkomunikasikan perkembangan materi dalam waktu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi pasar. Siklus produk telah diperpendek dan produk perusahaan secara keseluruhan menjadi usang jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh, kita telah menyaksikan perkembangan pesat derivatif tertentu yang mungkin terkena fluktuasi pasar bulanan, mingguan, dan bahkan harian yang signifikan. Instrumen ini dapat menyebabkan pergeseran material dalam nilai portofolio perusahaan dan bahkan mungkin membahayakan seluruh modal suatu perusahaan dalam hitungan beberapa bulan atau kurang. Konsep mark-to-market dapat membantu dalam mengkomunikasikan risiko bisnis dalam konteks ini dan jenis pengungkapan nilai risiko mungkin bisa lebih berguna, tetapi bahkan perkembangan ini dibatasi oleh sejauh mana mereka diungkapkan secara tepat waktu. 
Pengembangan sistem yang memenuhi kebutuhan akan informasi keuangan yang tepat waktu sangat diperlukan dalam hal ini. Dengan kata lain, dalam menilai masa depan akuntansi harus menurunkan biaya modal dengan mengurangi risiko dan menuntut pengembalian. Itu dilakukan, sebagian, dengan meningkatkan aliran informasi yang relevan ke pasar pada waktu yang tepat. 

Konsep Perusahaan
Ada perusahaan publik dengan beberapa anak perusahaan publik, masing-masing dengan joint venture, perjanjian lisensi, dan afiliasi lainnya. Semakin longgar afiliasi perusahaan dalam usaha patungan atau hubungan pelanggan-pemasok yang meniru bentuk perusahaan terintegrasi dan larut dalam hitungan bulan atau bahkan minggu. Ini akan menjadi tantangan untuk menentukan bagaimana seseorang untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan virtual dalam cara yang tepat waktu akurat dan adil atas ukuran pendapatan, arus kas, dan aset riil dan yang membuat rasa sedikit dari perspektif pengguna laporan keuangan. Saat GAAP dan SEC bekerja sama untuk membuat persyaratan pelaporan untuk mengikuti perubahan yang cepat dalam struktur dan fungsi perusahaan yang telah terjadi pada kita. Kami telah memulai perencanaan yang diperlukan untuk mengantisipasi bagaimana mengatasi perkembangan masa depan.
Revolusi informasi bergerak ke dataran tinggi baru di mana bisnis dapat beroperasi, misalnya di perusahaan-perusahaan virtual jauh lebih fleksibel, cepat, dan dengan kelincahan yang lebih besar daripada sebelumnya. Dan perubahan ini, menemukan  kebebasan baru, bukan satu tahap, tetapi jenis. Pelaporan keuangan harus diperiksa pada tingkat konseptual dan perubahan yang diperlukan dalam pelaporan tersebut untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi dalam bisnis yang mungkin terjadi di dasar pelaporan keuangan itu sendiri.

Informasi Saluran Distribusi
Untuk memastikan kegunaan lanjutan pelaporan keuangan dan pengungkapan, kita harus mengakui bahwa saluran distribusi saat ini dan metode diseminasi dan analisis memiliki banyak hubungannya dengan apa yang dilaporkan sesuai konsep dasar yang ditentukan GAAP. Secara tradisional kami bergantung pada SEC dan laporan berkala kepada pemegang saham, analis, dan lain-lain untuk menginformasikan pasar tentang kesehatan keuangan perusahaan. Hanya baru-baru ini kami membuat kemajuan dalam hal mengembangkan sistem komputerisasi untuk mendistribusikan informasi ini, seperti melalui Electronic Data Gathering and Retrieval System (EDGAR) atau melalui vendor komersial, seperti Lexis / Nexis. 
Sudah tidak praktis secara fisik untuk memberikan banyak informasi terpilah karena belum ada mekanisme yang wajar untuk mendistribusikan seperti sejumlah besar informasi dan yang lebih penting, belum ada mekanisme yang wajar untuk menganalisis itu. Sederhananya, pengguna membutuhkan informasi agregat karena tanpa itu, informasi yang terpilah itu tak terduga. 
Pengguna informasi tertentu sudah memiliki sarana untuk melakukan analisis tingkat tinggi pada informasi yang dipilah. Analis sering menghabiskan banyak waktu dan usaha mencoba untuk menguraikan informasi dikumpulkan oleh akuntan dan persyaratan akuntansi. Di masa depan, pengguna akhir jelas akan memiliki akses ke analisis dan database elektronik yang akan membuat informasi ini sangat berguna dan tepat waktu kepada mereka - jika disediakan. Satu bayangan dari sebuah dunia di mana informasi ini dapat diberikan melalui akses on-line langsung untuk memilih bagian-bagian dari sistem informasi manajemen perusahaan, sehingga memungkinkan pengguna akhir untuk mengambil dan menganalisis data untuk keperluan internal mereka sendiri dan tiba pada keputusan lebih dekat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

IMPLIKASI DAN HASIL POTENSIAL
Saya melihat tiga skenario yang mungkin untuk pelaporan keuangan di masa depan. Dua yang pertama juga bisa muncul jika kita gagal untuk latihan yang cukup untuk tinjauan masa depan dan gagal untuk merancang sistem yang lebih baik. Salah satu hasil dari aktivitas tersebut mungkin stratifikasi informasi akuntansi yang tersedia untuk berbagai jenis pengguna akhir. Misalnya, investor institusi dan profesional lainnya akan membeli lebih rinci atau informasi keuangan yang tepat waktu dari penyedia tujuan khusus. Demikian pula, kreditur dan konstituen lain yang memiliki daya tawar dapat menuntut dari informasi keuangan yang tepat waktu perusahaan yang berkualitas tinggi secara konsisten. Just-in-time-manufaktur sering menuntut dan menerima nyata informasi waktu dari manajemen perusahaan-perusahaan ini yang jauh lebih relevan daripada yang tersedia untuk investor publik rata-rata. 
Sebuah hasil kedua yang mungkin mengabaikan untuk mempertimbangkan secara memadai kebutuhan masa depan  sistem akuntansi yang sesuai bahwa, karena ada kendala peraturan dan akuntansi, perusahaan publik yang ingin terlibat dalam struktur bisnis yang inovatif dan afiliasi mungkin merasa sulit untuk melakukannya dan mungkin enggan  melakukan usaha tersebut. Yang ketiga, hasil yang lebih positif bagi profesi akuntansi, bersama dengan mereka yang adalah manajer keuangan dalam perusahaan, untuk mengambil langkah-langkah sekarang untuk mengeksplorasi isu-isu yang dibahas di sini dan untuk mulai merancang sebuah sistem informasi yang fleksibel yang akan mampu mengatasinya. 

PANGGILAN UNTUK TINDAKAN
AICPA dalam mengatasi beberapa masalah melakukan 2 upaya antara lain Upaya pertama adalah oleh Komite Jenkins (Pansus AICPA tentang Pelaporan Keuangan) yang didakwa dengan mengidentifikasi informasi perusahaan  harus memberikan kepada para investor dan  kreditur sejauh  mana auditor harus dikaitkan dengan informasi tersebut. Komite ini telah melakukan pekerjaan yang baik mempertimbangkan, dari titik pengguna laporan keuangan pandang, beberapa isu yang muncul saya telah diuraikan di atas. Kedua, Komite Elliott (Pansus AICPA di Masa Depan Audit / Jaminan Fungsi) sedang melakukan upaya untuk mengembangkan kerangka kerja untuk menganalisis dan beradaptasi dengan tren dalam pelaporan keuangan yang diharapkan selama lima sampai sepuluh tahun ke depan. 
Peran akuntan dan auditor juga akan harus dievaluasi kembali karena kami mengeksplorasi langkah-langkah yang diperlukan untuk kelanjutan vitalitas pelaporan keuangan di masa depan. Seperti disebutkan di atas, akuntan dan auditor independen adalah penjaga pintu bagi integritas pasar. Sebagai perubahan kedepan atas eksplorasi dan diimplementasikan, peran auditor akan menjadi lebih penting. Misalnya, perubahan tersebut akan menyebabkan meningkatnya ketergantungan pada kontrol internal dan keputusan akuntansi perusahaan itu sendiri. Akuntansi kemudian akan memberikan, lebih dari sebelumnya, nilai tambah yang memungkinkan alokasi sumber daya yang efisien yang mendorong kapitalisme dan mendasari demokrasi kita. Akibatnya, akuntan akan benar-benar telah mendapatkan waralaba mereka dan memenuhi mandat sosial mereka.

KESIMPULAN
Masalahnya sekarang bukan apakah kita harus terus bermain-main dengan sistem pelaporan keuangan yang ada, tetapi apakah kita memiliki pengetahuan, keberanian, dan visi untuk mengevaluasi dan membuat maju mencari perubahan dalam sistem pelaporan kami yang akan membuat tersedia bagi investor yang paling relevan dan informasi yang berguna. Satu manfaat besar kita berbagi adalah keberadaan pasar modal publik yang terdalam, yang paling likuid, dan paling efisien, di mana saja, dan kapan saja. Kita tidak bisa memiliki pelaporan keuangan dan kendala pengungkapan yang memperlambat laju kemajuan dalam pasar modal, menurunkan laju pengurangan biaya modal, atau inovasi batas. 
Undang-undang sekuritas hibah kewenangan kepada Komisi untuk meresepkan prinsip akuntansi untuk perusahaan publik (lihat pada umumnya, 15 USC 77s (a), 15 USC 78m (b)). Akuntansi Seri Pers No 150, dikeluarkan 20 Desember 1973, Komisi mengakui Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) sebagai sektor standar pengaturan tubuh swasta yang ditunjuk untuk membangun dan meningkatkan prinsip akuntansi yang tunduk pada pengawasan oleh Komisi. Demikian juga, Komisi telah memberikan pengawasan terhadap upaya pengaturan pribadi yang standar pendahulu FASB: Komite Prosedur Akuntansi (1939-1959) dan Dewan Prinsip Akuntansi (1959-1973). Bagian 13 (b) (2) (A) dari Exchange Act mengharuskan emiten sekuritas untuk membuat dan menjaga buku, catatan, dan rekening, yang, dengan rincian yang wajar, akurat dan adil mencerminkan transaksi penerbit (15 USC 78m (b) (2) (A)).

Berikut ini adalah sejarah singkat proyek kompensasi saham FASB:
Pada bulan Juni 1993, FASB mengeluarkan Exposure Draft untuk mengatasi akuntansi dan pelaporan untuk kompensasi berbasis saham yang dibayarkan kepada karyawan. The diantisipasi standar akan  menggantikan APB Opini Nomor 25. Seperti terkena, standar akan diperlukan pengakuan sebagai biaya kompensasi dari nilai wajar semua kompensasi berbasis saham yang dibayarkan  kepada karyawan untuk jasa mereka terlepas dari apakah rencana saham adalah rencana berbasis tetap atau kinerja. (Hal ini dibedakan dari APB Opini Nomor 25 yang membutuhkan pengakuan beban untuk rencana berbasis kinerja saja.) FASB menerima lebih dari 700 surat komentar dan pada bulan Maret 1994 yang diselenggarakan enam hari audiensi publik. Selain itu, uji lapangan dari standar yang diusulkan dilakukan. FASB mulai redeliberation isu dalam Draft Paparan di bulan Juni 1994 dan pada Desember 1994 memutuskan untuk bekerja untuk memperbaiki pengungkapan tentang kompensasi berbasis saham daripada membutuhkan pendapatan pernyataan pengakuan beban. Dalam pendekatan baru ini, FASB berharap dapat mendorong, daripada memerlukan, perusahaan untuk mengakui sebagai beban kompensasi nilai wajar semua kompensasi berbasis saham pada tanggal pemberian. Perusahaan akan diizinkan, namun, untuk melanjutkan akuntansi bawah APB Opinion No 25. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang terus menerapkan Opini Nomor 25 akan diperlukan untuk mengungkapkan dalam catatan kaki pro forma laba bersih dan laba bersih per saham jika penghargaan kompensasi yang diakui pada estimasi nilai wajarnya. Pada kuartal pertama 1995, FASB memutuskan untuk langsung berpindah ke mengeluarkan standar yang final dengan penerbitan diharapkan pada kuartal ketiga 1995. Standar ini akan berlaku efektif untuk laporan keuangan untuk tahun fiskal 1996.
Pelaporan keuangan harus memberikan informasi yang berguna bagi investor sekarang dan potensial dan kreditur dan pengguna lainnya dalam membuat investasi rasional, kredit, dan keputusan yang sama (FASB, Pernyataan Konsep Akuntansi Keuangan No I, paragraf 34).
Sementara, karena masalah reliabilitas, US akuntansi pembuat standar telah enggan untuk memungkinkan perusahaan untuk nilai dan melaporkan aset tidak berwujud, negara-negara lain telah lebih agresif di daerah ini. Misalnya, Australia dan otoritas akuntansi Inggris sekarang memungkinkan perusahaan untuk mengungkapkan nilai dan aset tidak berwujud tertentu, seperti nama-nama merek.
Value-at-risk memberikan perkiraan potensi kerugian nilai wajar pada instrumen perusahaan keuangan dan komoditas dan posisi, termasuk derivatif, yang mungkin timbul dengan probabilitas tertentu periode waktu tertentu. Dengan demikian, nilai-berisiko merupakan salah satu pertumbuhan badan pengungkapan baru yang menggambarkan risiko dan ketidakpastian yang melekat dalam bisnis perusahaan. Pernyataan AICPA Posisi (SOP) No 94-6 berjudul, "Pengungkapan Risiko Tertentu dan Ketidakpastian, perusahaan dituntut untuk melaporkan risiko bisnis kunci tertentu dalam catatan kaki laporan keuangan dan, dengan demikian, merupakan peningkatan yang signifikan dalam informasi yang tersedia bagi pelaku pasar sekuritas. Untuk informasi tambahan mengenai nilai-beresiko, lihat Carey (1995).

Tanggapan:
Artikel yang dibahas oleh Wallman, Steven M H tentang Masa depan akuntansi dan pengungkapan dalam dunia berkembang: Kebutuhan perubahan dramatis ini membahas tentang perdebatan akuntansi mengenai opsi saham yang disertai dengan langkah atau pendekatan dalam bentuk solusi yang diambil oleh FASB. Dengan diangkatnya berbagai isu akuntansi yang terjadi terkait dengan pengungkapan perusahaan dan pelaporan akuntansi yang menjadi perhatian khusus oleh sejumlah kalangan. Akuntan sebagai profesi yang turut serta membantu SEC dalam tanggungjawabnya untuk mengadopsi standar akuntansi untuk perusahaan publik dan menyebarluaskan standar audit dengan tujuan agar informasi yang berkualitas tinggi dapat diperoleh. Tanpa akuntan untuk menjamin kualitas dan integritas informasi keuangan, pasar modal akan jauh kurang efisien, biaya modal akan jauh lebih tinggi, dan standar hidup kita akan lebih rendah. Hal inilah yang menyebabkan akuntan dikatakan sebagai penjaga gerbang pasar keuangan. Profesi akuntansi telah melakukan fungsi yang menjanjikan masyarakat sejumlah manfaat, termasuk risiko investasi yang lebih rendah dan alokasi sumber daya yang lebih baik. 
Pelaporan keuangan perusahaan dan pengungkapan perusahaan yang ada dalam konteks yang dinamis, terus berubah sejalan dengan dunia bisnis. Kondisi demikian menuntut perusahaan agar mampu beradaptasi dengan struktur perusahaan, pemanfaatan, dan pengembangan instrumen yang canggih. Para analis mencoba mengetahui atau memprediksi laba atau arus kas yang memerlukan informasi berbeda dari manajer dalam meninjau alokasi dan pemanfaatan aset. Investor mencoba untuk menggunakan langkah-langkah yang relatif baru seperti nilai tambah ekonomis. Keragaman pengguna mempersulit tugas mengintip ke masa depan. Hal ini sangat penting bagi kita yang terlibat dalam bisnis pengungkapan keuangan. Jika kita tidak mengembangkan sistem dan mekanisme yang inovatif dan canggih, maka kita akan menghadapi risiko sebagai profesional pengungkapan yang terpinggirkan, secara mekanis melakukan hal yang sama kita lakukan sebelumnya karena kita tidak mampu, atau tidak mampu melakukan apa pun dan menghasilkan produk yang semakin kurang berguna dan kurang berharga. Akibatnya, kita akan merugikan orang-orang yang mengandalkan kita sebagai peserta di pasar keuangan, manajemen, regulator, dan lain-lain yang harus membuat keputusan berdasarkan informasi keuangan.
Terdapat empat isu akuntansi dan pengungkapan yang luas yang mungkin sangat penting untuk masa depan pelaporan keuangan:
  1. Pengakuan dan pengukuran manfaat dan kewajiban bisnis, dengan kata lain, apa itu bahwa kita harus melaporkan dalam laporan keuangan suatu perusahaan;
  2. Ketepatan waktu pelaporan keuangan, dengan kata lain, ketika harus diakui item dilaporkan;
  3. Konsep perusahaan, dengan kata lain, yang kita ukur, dan
  4. Saluran distribusi dan menengah, dengan kata lain, di mana dan bagaimana kita mendistribusikan informasi ini.

Keempat isu diatas merupakan suatu problematik akuntansi yang dihadapi sejumlah kalangan karena berbagai kondisi atas tuntutan dari gejala perubahan strutur bisnis yang dinamis. Hal ini dapat dilihat dari saat pengakuan dan pengukuran suatu aset dianggap tidak paktis dimana dilain pihak tuntutan atas laporan keuangan yang besifat relevan, reliabel, dan tepat waktu sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Selain itu laporan keuangan diharapkan untuk mampu menangkap dan mengkomunikasikan perkembangan materi dalam waktu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi pasar. Ini merupakan suatu tantangan dalam ketepatan waktu pelaporan keuangan. Dengan adanya kemajuan dalam hal sistem komputerisasi untuk mendistribusikan informasi, seperti melalui Electronic Electronic Data Gathering and Retrieval System (EDGAR) atau melalui vendor komersial, seperti Lexis/Nexis dapat membantu para pengguna informasi untuk mendapatkan informasi agregat karena sudah tidak praktis lagi untuk memberikan informasi yang terpilah.
Lembaga AICPA dalam mengatasi beberapa masalah akuntansi telah melakukan 2 upaya antara lain Upaya pertama adalah oleh Komite Jenkins (Pansus AICPA tentang Pelaporan Keuangan) yang didakwa dengan mengidentifikasi informasi perusahaan harus memberikan kepada para investor dan  kreditur sejauh mana auditor harus dikaitkan dengan informasi tersebut. Perubahan tersebut akan menyebabkan meningkatnya ketergantungan pada kontrol internal dan keputusan akuntansi perusahaan itu sendiri. Akuntansi kemudian akan memberikan, lebih dari sebelumnya, nilai tambah yang memungkinkan alokasi sumber daya yang efisien yang mendorong kapitalisme dan mendasari demokrasi kita.
Dengan adanya gejolak bisnis yang dramatis maka tindakan yang sebaiknya diambil adalah bagaimana pihak-pihak terkait berani mengambil suatu tindakan dalam rangka memenuhi dan menciptakan pelaporan keuangan dan pengungkapan yang relevan dalam dunia bisnis. Kemajuan dalam ketersediaan informasi yang efisien, likuid, handal dalam pasar modal sangat diperlukan agar terhindar dari ketertinggalan perkembangan dunia bisnis yang semakin kompleks dan berbagai kondisi yang tidak diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari tidak hanya para investor, kreditur, maupun stakeholders yang membutuhkan informasi akuntansi yang handal dalam siklus pelaporan dan investasi di pasar modal. Oleh karena itu kemajuan untuk mendukung laju pertumbuhan pelaporan dan pengungkapan perusahaan dalam perkembangan dunia bisnis.

Sumber: SMH Wallman, 1995, The Future of Accounting and Disclosure in an Evolving World: The Need for Dramatic Change, Accounting Horizon, Sept, 81-91.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus