Senin, 09 Desember 2013

CASE STUDY: Review Problem Campus Bookstore

Toko buku Kampus  baru saja menerima dokumentasi, yang disusun oleh konsultan, untuk rancangan baru mengenai sistem pemrosesan transaksi berbasis komputer. Manajer sistem akuntansi memulai  ulasannya mengenai dokumentasi tersebut dengan sistem buku besar. Sebagaimana dinyatakan dalam review pada Bab 8, Dokumentasi ini berkisar dari dokumen sumber ke sistem flowchart dan laporan. Salah satu item penting untuk sistem buku besar yaitu kode bagan akun  tidak lengkap. Karena manajer sistem akuntansi yang paling memiliki pengetahuan mengenai rekening dibutuhkan. Untuk membantu menyelesaikan bagan akun, manajer sistem akuntansi mencoret-coret catatan tersebut dari fakta yang relevan tentang toko buku. Lini produk utama adalah buku, buku-buku lain dan bermacam-macam barang. Pembayaran pada umumnya dilakukan lebih dari 200 supliers dalam waktu 10 hari , untuk menerima diskon 2 persen. Utilitas ( panas, air, listrik , telepon) dibayar dalam waktu 30 hari. Semua manajer dan karyawan dibayar atau digaji pada hari pertama dan kelima belas setiap bulan , dengan deducation dibuat untuk pajak federal dan pendapatannegara, pajak jaminan sosial, federal dan pajak pengangguran negara, rencana pensiun, asuransi kesehatan, dan berbagai item lain-lain. Gaji ditulis pada rekening bank khusus setelah dana ditransfer  dari rekening biasa. Masing-masing dari empat register kas tersedia dengan dana perubahan. Pembayaran retur barang dari penjualan dibuat oleh  kasir. Periode akuntansi adalah satu bulan, dan laporan keuangan disusun pada setiap akhir bulan. (catatan lain dihilangkan, karena mereka muncul di awal ulasan rumusan masalah). Berikut ini adalah bagan akun dari Campus Bookstore:
Chart of Account:

Assets (100-199)
101 Cash on Hand
102 Cash in Bank - General
103 Cash in Bank – Payroll
104 Change Fund
110 Inventory – Text books
111 Inventory – Other Books
112 Inventory – Sundries
113 Supplies
120 Prepaid Expense
130 Leasehold Improvments
131 Allowance for Amortization – Leasehold Improvements
132 Furniture and fixtures
133 Allowance for depreciation – Furniture and Fixtures
134 Noncomputerized office Equipment
135 Allowance for Depreciation – Noncomputerized Office Equipment
136 Computer Hardware and Software
137 Allowance for Depreciation – Computer Hardware and Software
138 Motorized Vehicles
139 Allowance for Depreciation – Motorized Vehhicles 
140 Other Assets


Liabilities and Capital (200-299)
201 Notes Payable
210 Accounts Payable
220 Sales Taxes Payable
221 Employee Income Taxes Payable
222 FICA Taxes Payable
223 Federal Unemployment Taxes Payable
224 State Unemployment Taxes Payable
225 Pension Expense Payable
226 Medical Insurance Withholdings Payable
227 Other Withholding Payable
230 Salaries and Wages Payable
240 Lease Payable
250 Accrued Expense Payable
260 Accrued Interest Payable
270 Tom Long. Capital
271 Tom Long. Drawing

Revenues (300-399)
310 Sales – Textbooks
311 Sales – Otherbooks
312 Sales – Sundries
320 Sales Returns and Allowance – Textbooks
321 Sales Returns and Allowance – Other Books
322 Sales Returns and Allowance  - Sundries

Cost of Sales (400-499)
410 Cost of Sales – Textbooks
411 Cost of Sales – Other Books
412 Cost of Sales – Sundires
420 Purchase – Textbooks
421 Purchase – Otherbooks
422 Purchase – Sundries
430 Purchase Returns and Allowance – Textbooks
431 Purchase Returns and Allowance – Otherbooks
432 Purchase Returns and Allowances – Sundries
440 Freight In – Textbooks
441 Freight In – Other Books
442 Freight In – Sundries

Expenses (500-599)
500 Expenses – Control
510 Salaries and Wages – Clerical and Sales
511 Salaries – Profesional
512 Salaries – Managerial
513 Employee Welfare Expense
520 Advertising
530 Rent Expense
540 Heating Expense
541 Water Expense
542 Electricity Expense
543 Telephone Expense
550 Repairs and Maintenance
551 Janitorial Supplies
552 Office Supplies
553 Insurance Expense
554 Legal and Accounting Expense
555 Donations
556 Tax Expense
560 Amostization of Leasehold Improvements
561 Depreciation of Furniture and Fixture
562 Depreciation of Noncomputerized Office Equipment
563 Depreciation of Motorized Vehicles
570 Interest Expense
580 Purchase Discount Lost
590 Miscellaneous Expense

KASUS 11-1
Mengacu Pada  Review Problem. Kode transaksi telah dipilih dengan format berikut: AAA-B-CCCCC dimana AAA adalah akun buku besar umum untuk didebet atau dikreditkan. B adalah pusat pertanggungjawaban (maksudnya tingkat atas, 2 berarti tingkat yang lebih rendah), dan CCCCC adalah nomor rekening buku besar pembantu. Untuk tujuan masalah ini, anggap bahwa satu-satunya buku besar pembantu adalah buku besar pembantu hutang dan hanya pemasok barang dagangan diselenggarakan dalam buku besar. Tetapkan kode untuk bagian debit dan kredit dari transaksi berikut, gunakan format di atas dan bagan akun yang disediakan dalam solusi untuk review problem. Ketika sebuah bagian dari format pengkodean ini tidak berlaku, tetapkan angka nol di tempat yang signifikan
  1. faktur yang sah dan benar diterima dari pemasok nomor 52471 sehubungan dengan pembelian dari sembilan lusin kaus bertulis universitas.
  2. cek disiapkan dan dikirimkan kepada pemasok nomor 84237 berkaitan dengan pembelian 100 buku pelajaran untuk kursus akuntansi.
  3. tagihan sah dan benar diterima dari toko buku akuntan untuk jasa audit umum, dan cek sepatutnya disiapkan dan dikirimkan.
  4. tagihan sah dan benar diterima dari utilitas listrik, dan cek sepatutnya disiapkan dan dikirimkan. Ukuran terpisah (meter) digunakan untuk mengukur penggunaan pada setiap tingkat sehingga jumlahnya bisa cukup dialokasikan.

PEMBAHASAN:

Chart of account dari AAA-B-CCCCC:

Account Code
Account Categories
   100-1-10001
   111-1-10001
   112-1-10001
   113-1-10001
200-299  
   210-1-30001
300-399
   310-1-30001
   311-1-30001
400-499
500-599
   541-1-50001
   551-1-50001
Aset
   Kas
   Inventaris-Buku Bacaan
   Inventaris-Buku Lainnya
   Persediaan
Kewajiban dan modal
   Hutang
Pendapatan 
   Pendapatan-Buku Bacaan
   Pendapatan-Buku Lainnya
Harga Pokok Penjualan
Biaya
    Biaya Air
    Biaya Gaji Profesional

a. 
JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

113-1-10001
Persediaan
108x


210-1-30001
      Hutang

108x






(mencatat faktur yang sah dan benar diterima dari pemasok nomor 52471 sehubungan dengan pembelian dari sembilan lusin kaus bertulis universitas).

JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

210-1-30001
Hutang
108x


100-1-10001
       Kas

108x





(mencatat pelunasan hutang atas pembelian dari sembilan lusin kaus yang bertulis universitas)


b. 
JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

111-1-10001
Persediaan-Buku Bacaan
100x


210-1-30001
     Hutang

100x





(cek disiapkan dan dikirimkan kepada pemasok nomor 84237 berkaitan dengan pembelian 100 buku pelajaran untuk kursus akuntansi).

JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

210-1-30001
Hutang
100x


100-1-10001
       Kas

100x





(mencatat pelunasan hutang atas pembelian dari 100 buku pelajaran untuk kursus akuntansi).


c. 
JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

551-1-50001
Biaya Gaji Profesional
xxx


100-1-10001
       Kas

xxx





(mencatat tagihan sah dan benar diterima dari toko buku akuntan untuk jasa audit umum)


d. 
JURNAL VOUCHER
Date
Account Code
Account Titles
Debit
Credit

541-1-50001
Biaya Air
xx


100-1-10001
       Kas

Xx





 (mencatat tagihan atas utilitas air dengan penggunaan x kali)


General Ledger

BUKU BESAR
DECEMBER 31, 20XX
CAMPUS BOOKSTRORE, SEVENTH INSTALLMENT
CLIENT 52471 & 84237
Tanggal
ACCT
DESKRIPSI
REFERENCE
DEBITS
CREDITS

210-1-30001
HUTANG
BALANCE

108x

210-1-30001
HUTANG

108x


210-1-30001
HUTANG
BALANCE

100x

210-1-30001
HUTANG

100x

 
BUKU BESAR
DECEMBER 31, 20XX
CAMPUS BOOKSTRORE, SEVENTH INSTALLMENT
Tanggal
ACCT
DESKRIPSI
REFERENCE
DEBITS
CREDITS

100-1-10001
KAS
BALANCE

108x

100-1-10001
KAS


100x

100-1-10001
KAS


xxx

100-1-10001
KAS


  xx

BUKU BESAR
DECEMBER 31, 20XX
CAMPUS BOOKSTRORE, SEVENTH INSTALLMENT
Tanggal
ACCT
DESKRIPSI
REFERENCE
DEBITS
CREDITS

551-1-50001
B.GAJI PROFESI
BALANCE

xxx




















BUKU BESAR
DECEMBER 31, 20XX
CAMPUS BOOKSTRORE, SEVENTH INSTALLMENT
Tanggal
ACCT
DESKRIPSI
REFERENCE
DEBITS
CREDITS

541-1-50001
BIAYA AIR
BALANCE

xx














3 komentar:

  1. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6 / 6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari Rika Anderson lender di facebook dan blog
    .

    Saya putuskan untuk melamar di bawah rekomendasi dan kesaksian Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di Akun MAYBANK sejumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini benar-benar berita bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan hewan Pertanian dan biaya sekolah anak-anak. Saya menasihati setiap orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa rasa takut untuk mengajukan melalui mereka

    email rikaandersonloancompany@gmail.com
    Perusahaan WA + 1323-689-3663

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji kepada ibu Rika untuk juga membawa nasabah serius yang membutuhkan pinjaman agar mereka bisa bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut tentang
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta
    Tanggal: 2 September 2020

    BalasHapus
  2. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  3. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus