Jumat, 02 Agustus 2013

Sistem Perangkat Keras dan Lunak

SISTEM PERANGKAT KERAS
Perangkat keras (hardware) sebagai sub sistem dari sistem komputer juga mempunyai komponen yaitu komponen alat masukan (input device), komponen alat pemroses (processing device), komponen keluaran (output device) dan komponen alat simpanan luar (storage). Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :


1. Alat Masukan
Alat masukan adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data ataupun masukan program. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
  • Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,digitizer graphics tablet, scanner.
  • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Keyboard
Keyboard adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Beberapa alat input yang menggunakan keyboard untuk memasukkan input adalah visual display terminal, financial transaction terminal dan point of sale terminal. Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Pointing device 
Alat input yang berupa pointing device akan lebih tepat digunakan. Yang termasuk dalam kategori alat ini adalah mouse, touch screen, light pen dan digitizer graphic tablet. Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. 

Scanner 
Alat masukan scanner bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Alat peraba banyak digunakan karena membuat proses pemasukan data lebih cepat dan akurat dibandingkan jika harus dimasukkan lewat keyboard. Alat masukan scanner dapat berupa Magnetic Ink Charater Recognition (MICR) reader dan optical data reader.

Censor 
Censor merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukkan ke pengubah analog to digital converter yang berikutnya akan diproses oleh komputer. 

Voice recognizer 
Voice recognizer atau speech recognizer membuat komputer mengerti omongan manusia. Voice recognizer menggunakan microphone untuk menangkap suara input. 

2. Alat Pemroses 
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program dieksekusi untuk memproses data yang dimasukkan lewat alat masukan hasilnya nanti akan ditampilkan di alat output.alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (Central Processing Unit) dan main memory.

Central Processing Unit 
CPU (Central Processing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, prosesor ini disebut dengan microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali dan unit aritmatika dan logika. Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Tugas  utama dari arithmetic and logic unit adalah melakukan semua perhitungan arithmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data dari main memory. 

Memori utama 
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dan program. Untuk mengatasi hal ini, maka alat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar yaitu main memory. Main memory atau disebut juga dengan main storage atau internal memory atau internal storage atau primary storage atau temporary storage atau immediate access storage. Memory utama terdiri dari Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). 

3. Alat Keluaran 
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk, yaitu tulisan, image, dan suara. Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat keluaran. Alat keluaran dapat berbentuk hard copy device dan soft copy device.  

Hard copy device 
Hard copy device adalah alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image berupa grafik atau gambar pada media hard seperti kertas atau film. Alat output hard copy device dapat berupa printer, plotter, dan computer output to microfilm. 

Soft copy device 
Soft copy device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Yang termasuk dalam soft copy device adalah video display, flat panel dan speaker. 

4. Alat Simpanan Luar
Simpanan yang mempunyai ciri-ciri tersebut adalah external memory (simpanan luar karena terletak diluar alat prosesnya). Simpanan luar dapat digolongkan ke dalam sequential access storage device (SASD) atau alat simpanan pengakses urut dan direct access storage device (DASD) atau alat simpanan pengaksesan langsung. Data yang tersimpan di sequential access storage device tidak dapat dilakukan pengaksesan secara langsung diposisinya. Kapasitas SASD cukup besar dan harga per bit informasi yang dapat direkam murah, tetapi kecepatannya juga lebih lambat. Data yang disimpan di direct access storage device dapat dilakukan pengaksesan secara langsung di posisinya. Dibandingkan dengan main memory, kapasitas DASD umumnya lebih besar dan harga per bit informasi yang dapat direkam lebih murah tetapi kecepatannya lebih lambat. 

5. Hubungan antar Komponen-Komponen Perangkat Keras
Hubungan antar komponen-komponen perangkat keras dapat dijelaskan sebagai berikut ini. Data dan program dimasukkan lewat perangkat keras masukan ke dalam RAM di alat pemroses. Data dan program selanjutnya dapat disimpan di alat simpanan luat. Jika data dan program sebelumnya sudah di simpan di simpanan luar, maka tidak perlu dimasukkan lagi lewat alat masukan tetapi dapat diambil dari RAM. Data dan program yang sudah ada di RAM akan diproses oleh processor. Hasil pengolahan akan ditampilkan di alat keluaran. 

SISTEM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam dua bagian besar, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat Lunak Sistem (system soft ware), yaitu perangkat lunak yang mengoperasikan sistem komputernya. Perangkat lunak sistem dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:
a. Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan operasi dari sistem komputer.
b. Perangkat lunak sistem bantuan (utility), yaitu program yang ditulis untuk bantuan yang berhubungan dengan sistem komputer.
c. Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrogaman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.

2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi (application system), yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Perangkat lunak aplikasi dapat dapat berupa perangkat lunak aplikasi tujuan umum (general purpose application software) dan perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software).

3. Sistem Operasi (OS)
Sistem operasi merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan operasi dari sistem operasi. Sistem operasi berfungsi seperti manager di dalam suatu perusahaan yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan semua operasi kegiatan perusahaan secara efisien dan efektif.  Sistem operasi umunya terdiri dari dua bagian, yaitu control program dan user interface. 
Sistem operasi secara umum mempunyai fungsi seperti manajemen di dalam perusahaan yang harus mengelola sumber-sumber daya dari perusahaan. Kegiatan atau fungsi manajemen yang harus dilakukan untuk mengelola sumber-sumber daya sistem adalah :
a. Fungsi alokasi sumber daya 
Sistem operasi mengalokasikan sumber-sumber daya perangkat keras kepada program-program yang sedang menunggu untuk dieksekusi. Sistem operasi akan mengalokasikan program dan data yang mendapatkan prioritas di proses di memori utama (RAM) dan juga mengalokasikan penggunaan I/O. 
b. Fungsi penjadwalan sumber-sumber daya 
Beberapa pekerjaan menunggu untuk dikerjakan oleh komputer. Sistem operasi mempunyai fungsi untuk mengatur penjadualan pekerjaan mana saja yang akan dikerjakan dan peralatan mana yang akan digunakan. 
c. Fungsi pengawasan terhadap aktivitas sistem komputer
Sistem operasi akan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh komputer dan pemakai sistem. Dengan fungsi ini, maka pekerjaan-pekerjaan tidak akan tercampur milik pemakai satu dengan pemakai yang lainnya.
Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
• Menyimpan program dan aksesnya
• Membagi tugas di dalam CPU
• Mengalokasikan tugas-tugas penting
• Merekam sumber-sumber data
• Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
• Memeriksa kesalahan sistem
• Multitugas pada OS/2?, Windows ’95?, Windows ’98?, Windows NT”, /2000/XP
• Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

4. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

5. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
• Norton Utility
• Winzip
• Norton Ghost
• Antivirus

HUBUNGAN ANTARA PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
Agar perangkat keras dapat berfungsi dan bekerja dengan optimal, maka diperlukan sistem operasi untuk mengaturnya. Supaya sistem operasi ini aktif, maka harus diletakkan di RAM (random access memory) yang ada di alat pemroses. Setelah sistem operasi aktif di RAM, sistem operasi ini ibaratnya manajer yang akan mengatur semua operasi sistem komputer. Sistem operasi akan mengatur penggunaan alat-alat perangkat keras komputer. Jika program aplikasi anda membutuhkan keyboard dan layar untuk memasukkan data, sistem operasi akan menghubungi BIOS (Basic Input Output System) untuk melakukannya. Hubungan dari perangkat lunak dengan perangkat keras komputer dapat digambarkan sebagai berikut. 

Sumber: Berbagai Sumber

1 komentar: