Senin, 09 Desember 2013

CASE STUDY: Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle) Samsat Online pada DISPENDA PEMPROV Bali

LATAR BELAKANG MASALAH
Dispenda Pemprov Bali selaku unit kerja pemerintah mempunyai tugas salah satunya adalah mengelola pemasukan daerah. Salah satu pemasukan tersebut bersumber dari penerimaan pajak kendaraan kendaraan bermotor. Dispenda mengelola penerimaan pajak sesuai dengan amanat dari UU No.28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dispenda Provinsi Bali mempunyai 9 Unit Pelaksana Teknis yang terletak di Kabupaten/Kota se Provinsi Bali, yaitu di Denpasar, Badung, Gianyar, Bangli, Karangasem, Klungkung, Tabanan, Jembrana dan Buleleng serta  5 Kantor Samsat Pembantu yaitu Ubud, Renon, Kuta,  Nusa Penida, dan Bajra. 
Sistem Samsat di Bali pertama kali dilakukan secara terkomputerisasi sejak Januari  2000, dengan server yang ada di masing-masing kapubaten.  Hal ini sangat menyulitkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang dimiliki, terutama karena 60% aktivitas perekonomian untuk Bali dilakukan di wilayah Denpasar dan sekitarnya.  Dispenda sebagai salah satu leading sector pelayanan publik dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, tepat dan akurat. Untuk itu diperlukanlah pengembangan suatu sistem aplikasi yang baru agar mampu menjawab tantangan public. Pengambangan Aplikasi Samsat Online bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam mengurus dan membayar kewajiban perpajakan kendaraan bermotor. Aplikasi Samsat Online ini juga terhubung langsung secara online dengan Bank BPD Bali, tempat dimana Kas Daerah Pemprov Bali berada.

REQUIREMENT ANALYSIS
Karena pada saat pembangunan sistem aplikasi ini, Dispenda Prov. Bali belum memiliki sumber daya yang memadai  dalam bidang IT, dan kebutuhan akan penerapan sistem yang sangat cepat maka diputuskan untuk melakukan kerjasama melalui vendor  aplikasi Bank BPD Bali yaitu PT. CIP, dengan tetap menitikberatkan pada proses pengembangan dan kebijakan pada Dispenda Prov. Bali. Analisis kebutuhan bisnis dilakukan dengan cara:

1. STUDI PENDAHULUAN
Studi Pendahuluan  dilakukan oleh Software Developer PT.CIP selama kurang lebih 6 bulan. Apakah sistem yang baru sanggup diimplementasikan dengan kondisi yang diinginkan oleh user dalam hal ini Samsat seluruh Bali dan kesiapan tenaga IT serta BPD selaku penerima pembayaran.
2. MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN KEBUTUHAN INFORMASI PEMAKAI
Proses ini dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan sistem yang diinginkan oleh Dispenda Provinsi Bali terkait penerimaan pajak kendaraan bermotor. Kemudian menerjemahkan dalam bahasa pemrograman.
3. MENGANALISIS HASIL PENELITIAN
Dari hasil penelitian yang dlakukan didapatkan informasi bahwa PT.CIP sanggup untuk melaksanakan proses pengembangan sistem yang diinginkan oleh Dispenda Provinsi Bali.  Selanjutkan divuat kesepakatan kerja berupa MOU antara Pemprov Bali, PT. BPD Bali dan PT.CIP.

DESIGN SISTEM
FUNGSI-FUNGSI DASAR ( KEBUTUHAN BISNIS ) APLIKASI SAMSAT ONLINE

SISTEM LAMA
DESIGN SISTEM BARU
Database ada di masing-masing Kabupaten dan belum diintegrasi
 Online Database yaitu Database dengan pengaplikasikan satu server
Pembayaran Pengesahan STNK Tahunan hanya dapat dilakuakn di masing-masing Kabupaten sesuai domisili kendaraan
Online Pembayaran yaitu pengesahan STNK Tahunan dapat dilakukan dimana saja tanpa melihat domisili
Pelaporan dilakukan secara parsial dan manual
Online Pelaporan yaitu semua pelaporan terkait dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi dengan satu server
Pendapatan tidak secara langsung masuk ke rekening Kas Daerah
Online Kas Daerah yaitu pendapatan secara real time masuk ke rekening Kas Daerah



IMPLEMENTASI SISTEM
a. Mempersiapkan Rencana Implementasi
Implementasi Sistem Samsat Online yang baru direncanakan pada bulan Desember tahun 2010, dan dilakukan secara bertahap di masing-masing Kapubaten. Tetapi karena adanya kendala teknis seperti ketersediaan kapasitas server yang memadai, implementasi baru bisa dilakukan pada awal tahun 2011.
Tahapan-tahapan implementasi sistem samsat online :
1) Cutoff database pada sistem lama dan duplikasi database ke sistem samsat online
2) Installing Aplikasi Samsat Online di semua PC ( Kepolisian, Dispenda dan Jasa Raharja )
3) Penetapan User Id oleh Dispenda Prov. Bali
4) Ujicoba dengan menggunakan data dummy terhadap fitur transaksi
• Pendaftaran Kendaraan Bermotor
• Pengesahan STNK tiap tahun
• Pendaftaran Pengesahan STNK setelah 5 tahun / Penggantian STNK
• Pendaftaran Ganti Kepemilikan ( BBN II )
• Pendaftaran Kendaraan Rubah Bentuk Ganti Warna dan Rubah Fungsi
• Pendaftaran Mutasi Antar Kabupaten dan Mutasi Antar Provinsi
• Pendaftaran STNK Khusus/Rahasia

b. Melakukan Kegiatan Implementasi
Implementasi Sistem Samsat Online dilakukan bertahap sebagai berikut :

TANGGAL IMPLEMENTASI
LOKASI IMPLEMENTASI
28 Januari 2011
UPT SAMSAT BANGLI DAN UPT SAMSAT KARANGASEM
31 Januari 2011
UPT SAMSAT KLUNGKUNG DAN NUSA PENIDA
2 Februari 2011
UPT SAMSAT GIANYAR DAN UPT SAMSAT UBUD
28 Maret 2011
UPT SAMSAT DENPASAR, BADUNG, KUTA DAN RENON
30 Maret 2011
UPT SAMSAT BULELENG DAN JEMBRANA
31 Maret 2011
UPT SAMSAT TABANAN DAN BAJRA

c. Menindaklanjuti Hasil Implementasi
Dari implementasi sistem yang sudah berjalan terdapat berbagai macam kendala antara lain:
  1. Migrasi data dari sistem lama ke sistem yang baru 
  2. Proses cleansing data dari database lama terutama disebabkan adanya data yang cacat (invalid) seperti: data ganda dan klasifikasi data yang tidak sesuai 
  3. Proses adaptasi terhadap sistem baru yang berbeda secara signifikan baik dalam tampilan, operasional maupun proses bisnisnya.
  4. Belum adanya komitmen bersama untuk perbaikan data yang bermasalah.
  5. Perubahan tipe dan model pelaporan dari sistem lama akibat perubahan proses bisnis. 
OPERASI DAN PERAWATAN SISTEM
Dari hasil implementasi, Dispenda dan PT.CIP melakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus guna penyempurnaan aplikasi samsat online.

18 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh 19 KG lighter than we do.

    (And realistically, it has NOTHING to do with genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    TAP this link to uncover if this brief quiz can help you release your true weight loss possibilities

    BalasHapus
  3. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6 / 6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari Rika Anderson lender di facebook dan blog
    .

    Saya putuskan untuk melamar di bawah rekomendasi dan kesaksian Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di Akun MAYBANK sejumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini benar-benar berita bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan hewan Pertanian dan biaya sekolah anak-anak. Saya menasihati setiap orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa rasa takut untuk mengajukan melalui mereka

    email rikaandersonloancompany@gmail.com
    Perusahaan WA + 1323-689-3663

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji kepada ibu Rika untuk juga membawa nasabah serius yang membutuhkan pinjaman agar mereka bisa bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut tentang
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta
    Tanggal: 2 September 2020

    BalasHapus
  4. W/A::::::::::::::::::::::::+1 (779) 888-4915
    Tel:::::::::::::::::::::::::::+1 (779) 888-4915
    e_mail::::::::::::::::::::[aditya.aulia139@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

    BalasHapus
  5. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  6. Saya Ratu Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan-rekan saya orang INDONESIA yang telah berkeliling mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati, saya menghabiskan hampir 12 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 juta dari mereka.

    Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong; Tapi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON memberi saya impian dan kebahagiaan saya kembali.

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084

    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  9. Beli Dokumen Asli dan Palsu Online - Beli Dokumen Terdaftar Online

    Kami hanya memproduksi Paspor Terdaftar, KTP, SIM, Sertifikat IELTS, VISA, Izin Tinggal, Akta Kelahiran, Ijazah SSN, TOEFL, Cap Keluar/Masuk, dll yang berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara legal baik secara nasional maupun internasional. Ini akan diproduksi dengan keaslian 100% seperti dokumen aslinya. Kami juga menggunakan teknologi biometrik baru untuk semua jenis dokumen kami.

    Kontak:
    ID Wickr:::::::::: Spidoplug
    Email:::::::::::::: firstclassdocuments20@gmail.com

    Layanan duplikat dokumen:
    Pembuatan duplikat dokumen berarti kami akan mengkloning dokumen asli yang ada dan mengganti informasi dengan detail yang Anda berikan agar sesuai dengan aktivitas Anda, basis data dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, kebangsaan, dll. Ini akan berisi nama asli orang tua dari orang tersebut, alamat, beberapa lainnya informasi berguna yang dapat ditanyakan di bandara dan bea cukai oleh imigrasi, dll.


    Layanan pendaftaran dokumen:
    Untuk beberapa Negara, kami dapat menawarkan untuk mendaftarkan dokumen baru Anda di database pemerintah setelah dokumen tersebut diproduksi. Bahkan itu akan menjadi dokumen resmi yang dikeluarkan dan Anda dapat menggunakannya seperti yang asli. Tetapi harga untuk dokumen yang terdaftar akan lebih tinggi daripada untuk dokumen biasa yang diproduksi.


    Layanan Afiksasi Visa/Prangko:
    Kami menyediakan kemungkinan untuk membubuhkan hampir semua jenis prangko/VISA ke dalam paspor untuk mengisi Anda lebih percaya diri. Kami tidak menyediakan layanan semacam ini secara terpisah dari pembuatan paspor.


    Sertifikat IELTS:
    Kami menawarkan sertifikat tes bahasa Inggris kualitatif tinggi tanpa ujian. Sertifikat akan asli dan terdaftar di database resmi. Semua sertifikat yang kami terbitkan memiliki tingkat skor band yang Anda pilih (6.5-9.0). IELTS diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 145 negara.
    Ini termasuk:
    Universitas, Sekolah, Sekolah Tinggi Pelatihan dan Perguruan Tinggi
    Departemen dan lembaga pemerintah
    Badan profesional dan industri
    Perusahaan dan majikan.

    Kontak:
    ID Wickr:::::::::: Spidoplug
    Email:::::::::::::: firstclassdocuments20@gmail.com

    BalasHapus