Senin, 09 Desember 2013

TRANSAKSI DALAM MATA UANG ASING, DERIVATIF DAN LINDUNG NILAI #5 | SFAS 52: Foreign Currency Translation

Penerapan pernyataan ini akan mempengaruhi pelaporan keuangan sebagian besar perusahaan yang beroperasi di luar negeri. Operasi dan karakteristik ekonomi beragam jenis operasi asing akan dibedakan dalam akuntansi untuk mereka. Penyesuaian untuk perubahan kurs mata uang yang dikeluarkan dari laba bersih bagi fluktuasi yang tidak mempengaruhi arus kas dan termasuk bagi mereka yang melakukannya. Persyaratan mencerminkan kesimpulan umum ini:
  1. Dampak ekonomi dari perubahan nilai tukar pada operasi yang relatif mandiri dan terintegrasi dalam negara asing berhubungan dengan investasi bersih dalam operasi itu. Selisih kurs yang timbul dari konsolidasi operasi asing tidak mempengaruhi arus kas dan tidak termasuk dalam laba bersih.
  2. Dampak ekonomi dari perubahan nilai tukar pada kegiatan operasi luar negeri yang merupakan perpanjangan dari operasi induk domestik berhubungan dengan aset dan kewajiban individu dan dampak arus kas induk secara langsung. Dengan demikian, keuntungan dan kerugian dalam operasi seperti pertukaran termasuk dalam laba bersih.
  3. Kontrak, transaksi, atau saldo yang pada kenyataannya, lindung risiko nilai tukar akan diperhitungkan sebagai lindung nilai tanpa memperhatikan bentuk mereka.

Lebih khusus, pernyataan ini menyajikan standar untuk penjabaran mata uang asing yang dirancang untuk (1) memberikan informasi yang umumnya kompatibel dengan dampak ekonomi yang diharapkan dari perubahan kurs pada arus kas perusahaan dan ekuitas dan (2) mencerminkan dalam hasil laporan konsolidasi keuangan dan hubungan yang diukur dalam mata uang utama di mana setiap entitas melakukan bisnisnya (disebut sebagai "mata uang fungsional").

Mata uang fungsional entitas adalah mata uang dari lingkungan ekonomi primer dimana entitas beroperasi. Mata uang fungsional dapat berupa dolar atau mata uang asing tergantung pada fakta-fakta. Biasanya, itu akan menjadi mata uang dari lingkungan ekonomi dimana kas dihasilkan dan dikeluarkan oleh entitas. Sebuah entitas dapat berbentuk operasi, termasuk anak perusahaan, divisi, cabang, atau joint venture. Pernyataan ini juga memberikan panduan kunci penentuan di mana pertimbangan manajemen adalah penting dalam menilai fakta-fakta.
Sebuah mata uang dalam lingkungan inflasi yang sangat tinggi (3 tahun tingkat inflasi sekitar 100 persen atau lebih) dianggap tidak cukup stabil untuk melayani sebagai mata uang fungsional dan mata uang yang lebih stabil dari induk pelaporan yang akan digunakan sebagai gantinya.

Pendekatan penjabaran mata uang fungsional diadopsi dalam pernyataan ini meliputi:
  • Mengidentifikasi mata uang fungsional lingkungan ekonomi entitas
  • Mengukur semua elemen laporan keuangan dalam mata uang fungsional
  • Menggunakan kurs saat ini untuk translasi dari mata uang fungsional menjadi mata uang pelaporan, jika mereka berbeda
  • Membedakan dampak ekonomi dari perubahan nilai tukar pada investasi bersih dari dampak perubahan tersebut pada aktiva dan kewajiban individu yaitu piutang atau hutang dalam mata uang selain mata uang fungsional

Selisih kurs merupakan hasil yang melekat pada proses menerjemahkan laporan keuangan suatu entitas asing dari mata uang fungsional untuk dolar Amerika Serikat. Selisih kurs tidak termasuk dalam menentukan laba bersih untuk periode tetapi diungkapkan dan diakumulasikan dalam komponen terpisah dari ekuitas konsolidasi sampai penjualan atau sampai likuidasi lengkap atau substansial telah selesai dari investasi bersih dalam entitas asing terjadi.
Keuntungan dan kerugian transaksi adalah hasil dari pengaruh perubahan kurs terhadap transaksi dalam mata uang selain mata uang fungsional (misalnya, sebuah perusahaan AS dapat meminjam franc Swiss atau anak perusahaan Perancis mungkin memiliki piutang dalam mata uang kroner dari pelanggan Denmark ). Keuntungan dan kerugian atas transaksi-transaksi dalam mata uang asing umumnya termasuk dalam menentukan laba bersih untuk periode di mana nilai tukar berubah kecuali transaksi lindung nilai komitmen mata uang asing atau investasi bersih pada entitas asing. Transaksi yang bersifat investasi jangka panjang dianggap sebagai bagian dari investasi neto induk dan karenanya tidak menimbulkan keuntungan atau kerugian. 

Standar Akuntansi Keuangan Dan Pelaporan
Penjabaran laporan keuangan setiap entitas komponen perusahaan harus mencapai tujuan sebagai berikut:  
  1. Memberikan informasi yang secara umum kompatibel dengan dampak ekonomi yang diharapkan dari sebuah perubahan pada arus kas perusahaan dan ekuitas.
  2. Pertimbangkan hasil keuangan dan hubungan individu entitas konsolidasi yang diukur dalam mata uang fungsional mereka sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Aset, kewajiban, dan operasi dari suatu entitas asing harus diukur dengan menggunakan mata uang fungsional entitas tersebut. Mata uang fungsional entitas adalah mata uang utama lingkungan ekonomi dimana entitas beroperasi, biasanya, yaitu mata uang dari lingkungan di mana entitas terutama menghasilkan dan mengeluarkan lebih uang tunai. 
Semua elemen laporan keuangan harus diterjemahkan dengan menggunakan kurs saat ini. Untuk aset dan kewajiban, kurs yang berlaku pada tanggal neraca harus digunakan. Untuk pendapatan, biaya, keuntungan, dan kerugian, nilai tukar pada tanggal di mana unsur-unsur yang diakui harus digunakan. Karena translasi dengan kurs pada tanggal berbagai pendapatan, biaya, keuntungan, dan kerugian diakui umumnya tidak praktis, sebuah nilai tukar rata-rata tertimbang yang tepat untuk periode dapat digunakan untuk mentranslasi elemen-elemen tersebut.

Bursa Kontrak
Sebuah kontrak valuta berjangka (forward contract) adalah perjanjian untuk bertukar mata uang yang berbeda pada tanggal tertentu dan pada tingkat tertentu (forward rate). Sebuah keuntungan atau kerugian dari kontrak berjangka yang tidak memenuhi kondisi yang dijelaskan dalam paragraph 20 dimana, Keuntungan dan kerugian transaksi valuta asing berikut tidak dimasukkan dalam menentukan laba bersih tapi harus dilaporkan dalam cara yang sama seperti penjabaran (Ayat 13):
  1. Transaksi valuta asing yang ditetapkan sebagai, dan efektif sebagai, lindung nilai ekonomi atas investasi bersih pada entitas asing, terhitung sejak tanggal penunjukan
  2. Antar transaksi valuta asing yang bersifat jangka panjang-investasi (yang adalah, penyelesaian tidak direncanakan atau diantisipasi di masa mendatang), ketika entitas untuk transaksi dikonsolidasikan, digabungkan, atau dicatat dengan metode ekuitas dalam pelaporan laporan keuangan perusahaan itu harus dimasukkan dalam menentukan laba bersih sesuai dengan persyaratan untuk transaksi mata uang asing lainnya (ayat 15).

Perjanjian yang, pada dasarnya, pada dasarnya sama dengan kontrak forward, misalnya, swap mata uang, harus dicatat dengan cara yang sama dengan akuntansi untuk maju kontrak.

Penghasilan Pajak Konsekuensi Perubahan Tarif
Alokasi pajak antarperiode diperlukan sesuai dengan APB Opini No 11, Akuntansi Pajak Penghasilan, jika keuntungan selisih pajak atau rugi selisih pengurangan pajak yang dihasilkan dari transaksi valuta asing entitas tersebut dimasukkan dalam laba bersih pada periode yang berbeda untuk tujuan laporan keuangan dari itu untuk keperluan pajak.

Penghapusan Laba
Penghapusan laba yang dapat diatribusikan pada penjualan atau transfer lainnya antara entitas yang dikonsolidasi, digabungkan, atau dicatat dengan metode ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan itu harus didasarkan pada kurs yang berlaku pada tanggal penjualan atau transfer. Penggunaan perkiraan wajar atau rata-rata yang diizinkan.

Nilai Tukar
Nilai tukar adalah rasio antara satu unit mata uang dan jumlah lain unit mata uang yang dapat ditukar pada waktu tertentu. Jika kurang dipertukarkan antara dua mata uang untuk sementara pada saat transaksi atau tanggal neraca, yang pertama tingkat berikutnya di mana pertukaran bisa dibuat harus digunakan untuk tujuan pernyataan ini. Jika kurangnya dipertukarkan bersifat sementara, kepatutan konsolidasi, penggabungan, atau akuntansi untuk operasi asing dengan metode ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan harus dipertimbangkan dengan cermat (ARB 43, Bab 12, ayat 8).
Jika entitas asing yang tanggal neracanya berbeda dari perusahaan adalah konsolidasi atau dikombinasikan dengan atau dicatat dengan metode ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan, tingkat saat ini adalah tarif yang berlaku pada tanggal neraca entitas asing untuk tujuan penerapan persyaratan pernyataan ini dengan entitas asing.

Pengungkapan
Laporan keuangan suatu perusahaan tidak boleh disesuaikan untuk perubahan tingkat yang terjadi setelah tanggal laporan keuangan perusahaan atau setelah tanggal mata uang asing laporan entitas asing jika mereka konsolidasi, digabungkan, atau dicatat dengan metode ekuitas dalam laporan keuangan perusahaan. Namun, pengungkapan perubahan tingkat dan dampaknya pada saldo yang belum diselesaikan yang berkaitan dengan transaksi valuta asing, jika signifikan, mungkin diperlukan.

Hubungan dengan Konsep Fundamental Sebelumnya
Penolakan terhadap perspektif dolar memiliki konsekuensi jauh melampaui proyek ini dan tidak perlu dalam terjemahan proyek. Meskipun tidak secara eksplisit menyatakan, model akuntansi saat ini meliputi pemeliharaan konsep modal bahwa pendapatan dari entitas konsolidasi Amerika Serikat ada hanya setelah pemulihan biaya historis diukur dalam dolar.
Beberapa responden terhadap Exposure Draft mengkritik tujuan itu sebagai upaya untuk memperhitungkan transaksi mata uang lokal dan asing operasi asing seolah-olah mereka adalah transaksi dolar atau, untuk beberapa responden, seolah-olah mereka dolar transaksi di Amerika Serikat. Dalam putusan dewan, kritik tersebut adalah tidak berlaku. Baik tujuan maupun prosedur untuk mencapainya mengubah denominasi transaksi atau lingkungan di mana itu terjadi. Prosedur yang diterapkan oleh dewan konsisten dengan tujuan konsolidasi laporan keuangan. Transaksi mata uang asing dari suatu perusahaan dan transaksi dalam mata uang lokal dan asing dijabarkan dan dicatat sebagai transaksi dari perusahaan tunggal. Denominasi transaksi dan lokasi aset tidak berubah, namun identitas terpisah perusahaan dalam kelompok konsolidasi diabaikan. Prosedur translasi hanyalah sarana pengukuran kembali dalam dolar jumlah yang berdenominasi atau awalnya diukur dalam mata uang asing. Artinya, prosedur mencoba untuk mensimulasikan apakah biaya investasi asing telah berada di Amerika Serikat, melainkan mereka mengakui faktor-faktor yang ditentukan biaya pabrik di luar negeri dan menyatakan bahwa biaya dalam dolar. Jika prosedur translasi yang mampu mengubah denominasi dari aset atau kewajiban dari mata uang asing ke rupiah, tidak ada risiko nilai tukar akan hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar