Senin, 09 Desember 2013

CASE STUDY: 12-1 ARW International

KASUS 12-1
ARW Internasional merupakan perusahaan yang memasarkan hardware dan software computer juga menyediakan layanan Internet untuk pelanggan di seluruh dunia. Saat ini ARW Internasional beroperasi di sembilan negara dan berencana untuk memperluas ke negara-negara lain dalam waktu dekat. Setiap negara memiliki 2-35 outlet penjualan yang dipimpin oleh seorang manajer. Layanan internet, penjualan perangkat lunak, dan perangkat keras dipisahkan antara penggunaan rumah dan penggunaan keperluan bisnis. Selain itu, ada tiga jenis untuk layanan internet, 500 item untuk perangkat lunak, dan lebih dari 1000 item untuk perangkat keras.

Diminta
  1. Buatlah desain format laporan yang akan berguna untuk manajemen perusahaan dalam menganalisis penjualan.
  2. Buatlah desain kode kelompok yang akan memungkinkan analisis penjualan rinci yang akan dilakukan.
  3. ARW sedang mempertimbangkan mendirikan sebuah situs web di mana pelanggan dapat memesan kapan saja dan dari mana saja. Jelaskan manfaat potensial untuk ARW.
  4. Apa langkah-langkah spesifik yang akan anda rekomendasikan untuk ARW sehubungan dengan pesanan on-line dari pelanggan yang dibayar dengan kartu kredit ?
  5. Diskusikan masalah lain tentang keamanan yang harus diatasi jika ARW memutuskan untuk menerapkan sistem berbasis web.

Solusi:
Soal 1
Berikut merupakan format laporan analisis penjualan yang bisa digunakan oleh manajemen ARW:


Analisis Penjualan diatas mencerminkan kinerja keuangan relatif manajer outlet, daerah penjualan, lini produk, pelanggan, dan pasar. Analisis penjualan bagi perusahaan sangat penting karena informasi ini dapat digunakan untuk penentuan target penjualan periode berikutnya, mengetahui manajer outlet mana yang memiliki kinerja bagus, penentuan jumlah komisi bagi salesman ataupun manajer outlet dan lain-lain. Dari analisis tersebut perusahaan bisa mengetahui manajer outlet mana yang menyumbang penjualan terbesar dan penjualan terkecil. Format laporan diatas menunjukkan analisis penjualan yang membandingkan penjualan yang sebenarnya untuk tiga segmen di atas terhadap target yang ditetapkan. Juga untuk membandingkan kinerja manajer outlet. Hal ini memungkinkan kepala manajer pemasaran ARW Internasional Company untuk menentukan manajer outlet, lini produk, dan wilayah penjualan yang paling efektif dalam memenuhi target mereka. Analisis ini mampu menyediakan informasi bagi manajer untuk kontrol yang lebih baik, dengan membuat keputusan lebih lanjut mengenai penjualan.


Soal 2
Kode penjualan memudahkan proses analisis penjualan secara rinci karena dengan kode, penjualan akan lebih mudah diidentifikasi. Dalam komputer untuk memproses penjualan ada istilah kode alfabetik (menggunakan huruf), numerik (menggunakan angka), dan alfanumerik (menggunakan kombinasi huruf dan angka). Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain kode kelompok yang akan memungkinkan untuk digunakan analisis penjualan rinci adalah:
  • Kode yang disusun perlu disesuaikan dengan metode penjualan.
  • Setiap kode harus mewakili hanya satu item produk sehingga tidak membingungkan
  • Kode yang disusun harus memudahkan pemakai untuk mengingatnya
  • Kode yang disusun harus fleksibel, dalam arti memungkinkan dilakukan perluasan tanpa perubahan menyeluruh.
  • Setiap kode yang disusun harus fleksibel, dalam arti memungkinkan dilakukan perluasan tanpa perubahan menyeluruh.
  • Setiap kode harus menggunakan jumlah angka atau huruf yang sama
  • Kode yang panjang perlu dipotong-potong (chunking) untuk memudahkan mengingat, Misalnya: kode 60662582549 dapat dibuat 606-258-259.
  • Dalam kode yang panjang perlu diberi kode yang merupakan check digit, yaitu untuk mengecek kebenaran kode.

Desain kode kelompok yang cocok bagi ARW yang memungkinkan dilakukannya analisis penjualan rinci adalah 01-02-1-1-0001. Dimana pada dua digit pertama menunjukkan kode negara, dua digit berikutnya kode untuk outlet penjual, satu digit berikutnya kode untuk penggunaan rumah tangga atau bisnis, satu digit berikutnya kode untuk jenis produk, dan empat digit terakhir menunjukkan item-item dari produk layanan internet, software, maupun hardware.

Soal 3
Perusahaan yang menggunakan sistem berbasis web untuk perdagangan akan mendapatkan beberapa manfaat yang menguntungkan. Hal itu mengakibatkan pelanggan dapat dengan mudah memesan produk ARW kapan saja dan dari mana saja ia berada. Manfaat potensial lainnya adalah web menyediakan akses ke basis pelanggan yang lebih besar, perusahaan dapat mengharapkan peningkatan penjualan produknya. Selain itu, transaksi diproses lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit dokumen. Aspek self-service dari sistem berbasis web juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Misalnya, pelanggan dapat dengan cepat memeriksa ketersediaan dan harga barang yang dibutuhkan. Demikian pula, mereka tidak perlu lagi telepon perusahaan untuk rincian transaksi tertentu karena mereka memiliki akses langsung ke akun mereka melalui Web. Dengan demikian perusahaan menghemat sumber daya yang seharusnya dapat dihabiskan untuk karyawan yang ditujukan untuk menangani permintaan pelanggan. Selain itu, berikut beberapa manfaat potensial yang mungkin didapat ARW dalam mengembangkan bisnisnya melalui website.
1. Memperkenalkan Profil Perusahaan ARW
Semakin dikenal profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif bagi ARW.
2. Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi ARW. Peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Untuk itu branding lewat website sangat penting .
3. Kemudahan Memberi Informasi
Dengan memiliki sebuah website, ARW akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan meski jaraknya sangat jauh. Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.
4. Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, ARW bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website.
5. Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Dengan mempublikasikan perusahaan lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi ARW. 

Soal 4
ARW Internasional Co. akan mendirikan situs web dimana pelanggan bisa melakukan pesanan on-line yang dibayar dengan kartu kredit. ARW berencana menjual produk dan layanan untuk membantu perusahaan menjadi lebih sukses dengan menggunakan Internet. Salah satu risiko yang dialami oleh ARW dari bisnis web yang akan dijalani adalah penipuan kartu kredit. Untuk bisa mengurangi risiko penggunaan kartu kredit oleh pelanggan yang tidak bertanggung jawab, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan ARW untuk meminimalkan risiko penipuan kartu kredit:
1. Jangan menerima pesanan kecuali informasi yang disediakan sudah lengkap termasuk alamat lengkap dan nomor telepon.
2. Untuk pesanan yang memiliki alamat berbeda antara tujuan pengiriman dan alamat tagihan, diperlukan faksimile dengan nomor kartu kredit dan tanda tangan otorisasi transaksi.
3. Jika perusahaan mencurigai pesanan tertentu, perusahaan bisa memanggil kembali pelanggan untuk mengkonfirmasi hal tersebut.
4. Jika memungkinkan perusahaan menggunakan perangkat lunak atau layanan seperti CyberSource dan Clear Commerce Corporation untuk memerangi penipuan kartu kredit on-line.
5. Mintalah konsumen untuk memberikan tanggal kadaluarsa kartu kredit yang valid sebagai syarat transaksi.
6. Lakukan follow up dengan menggunakan email atau menghubungi dengan telepon untuk semua transaksi CNP.
7. Waspadalah terhadap transaksi yang mencurigakan seperti:
  • Pembelian dalam jumlah banyak,
  • Pembeli pemula,
  • Permintaan delivery yang terburu-buru,
  • Pengiriman dilakukan ke alamat yang berbeda dengan alamat pemilik atau berada di luar negeri,
  • Pembelian dalam jumlah banyak dari kartu kredit yang berbeda-beda namun dikirimkan ke alamat yang sama,
  • Beberapa pembelian yang berasal dari alamat IP yang sama dengan kartu kredit yang berbeda-beda.

8. Minta pemilik kartu untuk memberikan 3 digit nomor di belakang kartu. Ini untuk membuktikan bahwa si pembeli memiliki kartu kredit tersebut.
9. Kirimkanlah konfirmasi pembelian ke alamat pengiriman tagihan kartu dan bukan ke alamat pengiriman barang ditujukan.

Soal 5
Pada era global seperti sekarang ini, keamanan sistem informasi berbasis Internet menjadi suatu keharusan untuk lebih diperhatikan, karena jaringan internet yang sifatnya publik dan global pada dasarnya tidak aman. Masalah yang mungkin terjadi tentang keamanan apabila ARW memutuskan untuk menerapkan sistem berbasis web dapat berupa: a. pencurian terhadap data; b. akses terhadap jaringan internal; c. perubahan terhadap data-data penting; d. pencurian informasi dan berujung pada penjualan informasi. Ancaman terhadap sistem web dapat dikategorikan menjadi 4 ancaman, yaitu: 
  1. Interupsi (interruption): Sumber daya system web dihancurkan atau menjadi tak tersedia atau tak berguna. Interupsi merupakan ancaman terhadap ketersediaan. Contoh: rusaknya bagian perangkat keras, seperti server  dan pemotongan kabel komunikasi. Sehingga akan menghilangkan data-data penting tentang konsumen yang berakibat kehilangan pendapatan penjualan bagi ARW.
  2. Intersepsi (interseption): Pihak tak diotorisasi dapat mengakses sumber daya. Intersepsi merupakan ancaman terhadap keterahasiaan. Pihak tak diotorisasi dapat berupa orang atau program komputer. Contoh: Penyadapan untuk mengambil data rahasia dan menyalin file tentang pelanggan atau rahasia perusahaan tanpa diotorisasi. 
  3. Modifikasi (modification): Pada dasarnya ancaman datang dari seseorang yang mempuyai keinginan memperoleh akses ilegal ke dalam suatu jaringan komputer. Oleh karena itu, harus ditentukan siapa saja yang diperbolehkan mempunyai akses legal ke dalam sistem, dan ancaman-ancaman yang dapat mereka timbulkan. Beberapa tujuan para penyusup tidak hanya mengakses tapi juga merusak sumber daya. Modifikasi merupakan ancaman terhadap integritas. Contoh: Mengubah nilai-nilai file data, Mengubah program sehingga bertindak secara beda dan Memodifikasi pesan-pesan yang ditransmisikan pada jaringan. 
  4. Fabrikasi (fabrication): Pihak tak diotorisasi menyisipkan atau memasukkan objek-objek palsu ke sistem. Fabrikasi merupakan ancaman terhadap integritas. Contoh: Memasukkan pesan-pesan palsu ke jaringan.

Untuk meningkatkan keamanan jaringan internet dapat menggunakan beberapa metode, contohnya metode authentikasi, penggunaan metode enkripsi-dekripsi, dan menggunakan Firewall dan pertahanan dengan antivirus. ARW bisa  mengembangkan sendiri penggunaan sistem penanggulangan kejahatan internet, karena sangatlah diperlukan untuk keamanan dan kenyamanan bagi semua pelanggan. Selain untuk menjaga data-data dari perusakan, pencurian maupun pembajakan tentang data perusahaan maupun data pelanggan, sistem penanggulangan kejahatan internet juga berfungsi sebagai dinding pengawas dari penyusup untuk melakukan tindakan kriminal dalam dunia maya (cybercrime). Selain itu, upaya Pencegahan Penyalahgunaan Internet yang bisa dilakukan ARW adalah sebagai berikut berikut. 
  1. Akses ke situs Web yang mengiklankan produk dan jasa perusahaan umumnya besifat terbuka. Namun, dalam rangka untuk mendapatkan akses ke akun pelanggan atau memasukkan transaksi, nomor identifikasi pengguna dan password harus tetap diminta (Authentication).
  2. Otorisasi dari perusahaan adalah hal yang mutlak untuk memastikan bahwa hanya individu yang berwenang melakukan perubahan pada konten web. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan daftar kontrol akses (ACL), yang berisi identifikasi pengguna resmi dan tingkat otorisasi mereka (Authorization).
  3. Melakukan dokumentasi terhadap perubahan yang dilakukan terhadap situs web dan isinya. Untuk menetapkan tanggung jawab setiap modifikasi yang dilakukan, (Accountability).
  4. Dalam rangka untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data yang ditransmisikan melalui Web, enkripsi harus digunakan oleh ARW (Data Transmission).
  5. Menyusun prosedur backup data yang tepat, termasuk toleransi kesalahan yang diijinkan. Sebuah rencana pemulihan (recovery plan) juga harus dirancang untuk memastikan rekonstruksi data yang hilang .



2 komentar:

  1. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6 / 6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari Rika Anderson lender di facebook dan blog
    .

    Saya putuskan untuk melamar di bawah rekomendasi dan kesaksian Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di Akun MAYBANK sejumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini benar-benar berita bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan hewan Pertanian dan biaya sekolah anak-anak. Saya menasihati setiap orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa rasa takut untuk mengajukan melalui mereka

    email rikaandersonloancompany@gmail.com
    Perusahaan WA + 1323-689-3663

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji kepada ibu Rika untuk juga membawa nasabah serius yang membutuhkan pinjaman agar mereka bisa bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut tentang
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta
    Tanggal: 2 September 2020

    BalasHapus
  2. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus